Tugas dan Fungsi Bidang Bina Marga

Tugas dan Fungsi Bidang Bina Marga

Bidang Bina Marga membawa tugas melaksanakan sebagaian tugas kepala bidang dalam memimpin, membina, mengkoordinasikan, melaksanakan perumusan kebijakan dalam menambahkan pelayanan, melasksanakan perumusan kebijakan dalam menambahkan pelayanan, melaksanakan penyusunan perencanaan, pemrograman, pelaksanaan pembangunan dan preservasi jalur dan jembatan, pengamanan pemakaian bagian-bagian jalur dan penerangan jalur umum, pengendalian kualitas dan hasil pelaksanaan pekerjaan, serta penyediaan dan pengujian bahan dan peralatan.

Pekerjaan Ganti Tutup Got Lalin Underpass Jl Sholis Bogor

Ada pekerjaan ganti penutup got di underpass Jl Raya Sholeh Iskandar (Sholis), Kota Bogor. Akibatnya, lalu lintas di underpass menjadi macet.

Pantauan di underpass Jl Raya Sholis, Senin (5/6/2023), panel penutup got di underpass Jl Sholis jalur arah Yasmin menuju Simpang Tol BORR udah diganti beton. Penggantian baru dikerjakan cuma untuk lajur kanan. Sementara di lajur kiri, penutup got masih berwujud panel baja dan belum mendapat perbaikan.

Saat ini, para pekerja kelihatan tengah memperbaiki penutup got di segi kanan jalur kendaraan dari arah Simpang Tol BORR menuju Yasmin. Panel baja penutup got kelihatan tengah dibongkar dan diganti beton. Satu unit alat berat juga disiagakan di lokasi untuk membongkar aspal sekitar got underpass Jl Raya Sholis.

Arus Lalin Macet

Sementara itu, arus lalu lintas kendaraan arah Simpang Tol BORR menuju Yasmin mengalami kemacetan imbas perbaikan got underpass Jl Sholis. Suara klakson kendaraan terdengar saling bersahutan, berharap pengendara di depan mempercepat laju kendaraannya.

Antrean kendaraan kelihatan mengular panjang jelang underpass. Kemacetan diduga akibat adanya penyempitan jalur imbas proyek perbaikan got underpass Jl Sholis.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengingatkan potensi kemacetan di pagi dan sore hari di sekitar lokasi proyek. “Hasil survei di lapangan kemarin, (Satlantas, Dishub, PUPR), misalnya cocok jadwal besok alat berat dapat tiba dan merasa pengerjaan,” kata Kasat Lantas Polres Bogor Kompol Galih Apria, Minggu (28/5).

Galih mengatakan tidak ada penutupan jalur di titik perbaikan. Akan tetapi penyempitan jalur dapat berjalan sebab cuma 1 lajur yang dapat dilalui kendaraan sehingga berpotensi kemacetan di jam sibuk. “Tidak dapat ada penutupan (Jl Sholis), tetapi potensi kepadatan dapat berjalan terutama di jam-jam pagi dan sore hari,” kata Galih.

Rencana Perbaikan Jalan Di Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengupayakan melaksanakan pemerataan pembangunan. Gubernur Herman Deru menuturkan pemerataan berikut juga termasuk lokasi pelosok desa.

Hal berikut diungkapkan oleh Herman Deru saat meninjau segera keadaan sejumlah ruas jalur di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Jumat (2/6). Herman Deru turut didampingi Bupati OKI Iskandar, Forkopimda Kabupaten, Anggota DPRD Sumsel Sri Sutandi, Duta Literasi Kabupaten OKI M. Alki Ardiansyah Iskandar, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel serta Pemkab OKI.

“Rusaknya jalur ini bukan sebab kurangnya perhatian pemerintah atau kualitas jalur yang tidak layak, tetapi ini sebab ada aktivitas ekonomi yang meningkat pesat di lokasi ini,” kata Herman Deru dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/6/2023). Herman Deru menyebut sedikitnya tercatat ada 4 ruas jalur rusak berat dan 5 jalur rusak ringan yang tersebar di sebagian lokasi layaknya Kayuagung, Pedamaran Timur, Sungai Menang sampai Cengal.

“Kita inventarisir jalur di OKI selama 96 km. Kita dapat simpulkan 70 persen jalur udah baik. Jalan yang rusak ada 4 titik rusak berat dan 5 titik rusak ringan. Totalnya 3 – 4 km,” tuturnya. Sebab itu, sehingga mobilitas ekonomi masyarakat dapat berjalan lancar, Herman Deru menginstruksikan Bupati OKI dan dinas terkait di lingkungan Pemprov Sumsel untuk melaksanakan penanganan terkait keadaan jalur tersebut.

“Kita upayakan ini ditangani segera. Paling tidak jalur ini dapat nyaman dilalui masyarakat,” ungkapnya Selain itu, ia mengatakan perbaikan sebagian ruas jalur berikut dapat dikerjakan setelah kucuran dana yang tertuang dalam Inpres terkait percepatan peningkatan konektivitas jalur udah dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. Anggaran senilai Rp 15 miliar untuk perbaikan jalur berikut juga dapat dialokasikan lewat ABT tahun 2023. “Dana inpres sebesar Rp 60 miliar untuk peningkatan jalan. Kita juga dapat alokasikan dana perbaikan jalur ini lewat ABT tahun ini juga,” paparnya.

Diketahui, usaha Herman Deru dalam mendorong dan kemudahan service di Kabupaten OKI dan sejumlah tempat lain di Sumsel terus dilakukan. Bahkan di Kabupaten OKI, Herman Deru mendukung pemekaran kawasan Pantai Timur sebagai kabupaten baru. Di mana Pantai Timur juga termasuk Kecamatan Cengal.

“Kita pasti mendukung pemekaran Pantai Timur ini. Jika seluruh syarat udah lengkap kita dapat segera serahkan ke Presiden,” jelasnya. “Dengan ini masyarakat dapat lebih cepat beroleh service dan tempat ini lebih cepat berkembang,” sambungnya. Hal itu juga mengingat OKI punya luas lokasi yang sangat besar yakni 19 ribu kmĀ². Luas berikut mirip bersama dengan luas Provinsi Bengkulu dan Provinsi Babel.

“OKI ini kabupaten yang sangat luas. Jadi pemekaran memang dibutuhkan. Karena tidak barangkali keuangan Kabupaten OKI dapat menanggulangi persoalan yang terjadi, juga problem jalur rusak,” bebernya. Ia berharap permohonan masyarakat untuk beroleh akses jalur yang baik dapat segera terealisasi.

Untuk informasi lebih lengkap seputar rencana perbaikan jalan di Indonesia kamu bisa mengunjungi website berikut https://binamargadki.net/. Sekian dari saya terimakasih